Sabtu, 04 April 2015

Cara Mencegah Kelebihan Lemak pada Perut

Cara Mencegah Kelebihan Lemak pada Perut


Lemak berlebih pada perut seringkali membuat wanita tidak yakin diri karena menganggap tampilannya kurang sempurna. Bukan cuma soal penampilan fisik, lemak perut atau belly fat juga sering diasosiasikan dgn gangguan kesehatan serius seperti jantung, paru-paru dan ginjal. Apa sebenarnya lemak perut tersebut & bagaimana mencegahnya?

Menurut Dokter Endrokrinolog dan Spesialis Antiaging Dr. Deepak Chaturdevi, lemak perut atau istilah medisnya abdominal obesity ialah kelebihan lemak yg terbentuk di area perut. Lemak ini dapat terjadi pada setiap org dengan beragam usia, pria maupun wanita.

Penyebab terjadinya lemak perut blm diketahui secara pasti, tapi dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan & genetis. Artinya, lebih rentan terjadi pada mereka yang orangtuanya jg memiliki kelebihan lemak di perut. Faktor lainnya lantaran menurunnya sensitivitas insulin, merokok, konsumsi junk food, kebiasaan makan larut malam, stres, pencernaan yg gak lancar atau masalah pada usus.

Ketika telah terjadi penumpukan lemak di perut, akan sedikit susah menghilangkan atau menguranginya. Dibutuhkan komitmen tinggi untuk diet sehat serta olahraga teratur. Pada kondisi tertentu, lemak bahkan perlu diangkat dgn bedah plastik. http://modernlivingroom.org/design/living-room-design-on-a-budget/

Namun bagi Engkau yg blm terlanjur mempunyai lemak perut berlebih, ada cara utk mencegahnya. ”Bukan sekadar latihan fisik, tetapi yg terpenting ialah apa yang Kamu makan; diet yang tepat itu wajib jika Nte kepingin menghindari abdominal obesity,” tutur Dr. Deepak, seperti dikutip dari Health Me Up.

Dia menambahkan, ”Abdominal obesity berarti level insulin dan hormon stres tinggi. Jika Anda mengalami kelebihan lemak pada perut, jelas mengindikasikan bahwa ada sesuatu yg salah pada sistem tubuh & Nte perlu memperbaikinya dgn cara yang tepat utk menghindari gangguan kesehatan.”

Ini beberapa cara yg harus Nte lakukan agar tubuh jauh dari kelebihan lemak perut utk selamanya:
- Minumlah banyak air putih setiap hari. Air adalah `obat` alami yg ampuh utk membuang racun-racun, termasuk lemak berlebih.
- Makanlah tepat waktu. Kunyah makanan dengan perlahan sebelum menelannya. Perut akan lebih gampang memperoleh makanan yang telah dicerna dlm mulut dengan baik. Kebiasaan mengunyah makanan dengan perlahan kecil kemungkinannya menimbun berat berlebih.
- Kurangi minuman bersoda lantaran mengandung banyak gula yg berpotensi menimbun lemak. Akn lebih sehat jika mengonsumsi air lemon.
- Makan lebih banyak buah & sayuran segar yang kaya akan serat.
- Konsumsi makanan dengan porsi kecil, & makan setiap 3-4 jam.
- Hindari makan terlalu malam.
- Lakukan latihan fisik minimal 45 menit setiap hari. Ngga hrs olahraga atau fitnes di gym. Cukup dengan memperbanyak gerak dalam keseharian Anda.
- Tidur yang cukup di malam, sedikitnya 7-8 jam sehari.
- Konsumsi makanan rendah lemak.
- Cek level kolesterol secara rutin, minimal satu tahun sekali.
- Kontrol berat badan Anda.

Hindari 7 Aktivitas Ini Selama Kehamilan untuk Menjaga Kesehatan Bayi Living Room Design On a Budget

Tidak ada komentar:

Posting Komentar