Rabu, 01 April 2015

Rumah dengan Langit-langit Tinggi Buat Penghuninya Lebih Kreatif

Rumah dengan Langit-langit Tinggi Buat Penghuninya Lebih Kreatif


Jakarta - Sebagian besar org memilih atau ingin mempunyai hunian dengan langit-langit yg tinggi. Jarak yang lebar antara lantai dgn langit-langit rumah membuat suasana lebih nyaman & baik utk sirkulasi udara sehingga ruangan gak terasa sumpek. Efek positifnya ngga sampai di situ, langit-langit rumah yang tinggi juga baik bagi kesehatan mental.

Sebuah studi mengungkapkan, hunian beratap tinggi serta luas bisa menstimulasi otak serta merasa lebih bebas. Dr Oshin Vartanian dari University of Toronto-Scarborough, yang mengerjakan penelitian, mengatakan bahwa ruangan dengan langit-langit yang tinggi membuat otak terstimulasi utk lebih bereksplorasi serta di waktu yg sama pikirannya jg lebih bebas. http://modernlivingroom.org/design/living-room-rugs/

Seperti dikutip dari Daily Mail, Dr Oshin sudah merekrut sejumlah orang yang bersedia menjadi partisipan penelitian. Mereka diminta memandang 200 gambar ruangan, yg setengahnya ialah ruangan dengan langit-langit yang tinggi. Setelah Itu partisipan diminta menilai tingkat estetika dari masing-masing ruangan. Selama itu, para peneliti melakukan scan pada otak mereka.

Dari hasil scan alat fMRI, peneliti menemukan bahwa partisipan menilai ruangan dengan langit-langit tinggi lebih menarik ketimbang yg rendah. Selain tersebut aktivitas otak mereka juga lebih aktif ketika melihat langit-langit yg tinggi. Ada dua bagian otak yg menjadi aktif, berkaitan dgn hal-hal yang bersifat eksploratif.

Ternyata langit-langit atau atap rumah yang tinggi menarik perhatian org dan kemudian menstimulasi otaknya utk lebih aktif. Baik itu berpikir atau berimajinasi. Hasil studi yg dipublikasikan dlm Journal of Environmental Psychlogy ini mendukugn penelitian sebelumnya yg dilakukan pada 2007 silam.

Menurut studi yang dimuat di Journal of Consumer Research, tinggi/rendahnya langit-langit rumah dpt memengaruhi cara orang berpikir. Pakar pemasaran Joan Meyers-Levy & Rui Zhu yg melakukan penelitian menemukan bahwa langit-langit hunian yang tinggi membuat orang berpikir lebih bebas, kreatif & melihat segala kemungkinan yang ada. Sedangkan langit-langit rumah yang pendek pemikirannya cenderung sempit & terbatas.

Berisiko Tercekik atau Tertindih, Hindari Menaruh Banyak Benda di Kasur Bayi  Living Room Rugs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar