Minggu, 29 Maret 2015

Pendidikan Sekolah Dasar

Pendidikan Sekolah Dasar

Salah satu pengertian pendidikan yang sangat umum dikemukakan oleh Driyarkara (1980) yg menyatakan bahwa pendidikan adalah upaya memanusiakan manusia muda. Pengangkatan manusia muda ke taraf insani mesti diwujudkan di dalam seluruh proses atau upaya pendidikan. Di dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 1 dinyatakan bahwa “Pendidikan adalah Usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang”.

Tingkat satuan pendidikan yg dianggap sebagai dasar pendidikan merupakan sekolah dasar. Di sekolah inilah anak didik mengalami proses pendidikan & pembelajaran. Dan, secara umum pengertian sekolah dasar dapat kami katakan sebagai institusi pendidikan yang menyelenggarakan proses pendidikan dasar dan mendasari proses pendidikan selanjutnya. Pendidikan ini diselenggarakan utk anak-anak yg telah berusia tujuh tahun dengan asumsi bahwa anak seusia tersebut memiliki tingkat pemahaman dan kebutuhan pendidikan yg sesuai dengan dirinya. Pendidikan dasar memang diselenggarakan untuk memberikan dasar pengetahuan, sikap dan keterampilan bagi anak didik. Pendidikan dasar inilah yang selanjutnya dikembangkan utk meningkatkan kualitas diri anak didik. Kita seharusnya memahami pengertian sekolah dasar sehingga dapat mengikuti setiap kegiatan yg diselenggarakan di tingkat ini. Walaupun, kita pengenal pendidikan anak usia dini (PAUD), tetapi setidaknya mereka lebih mengedepankan untuk melatih anak bersosialisasi dengan teman serta masyarakat, bukan utk mengikuti pendidikan dan pembelajaran yang mengarah pada pemahaman pengetahuan. http://modernlivingroom.org/design/modern-living-room/

Tujuan Pendidikan Dasar

Berkenaan dengan tujuan operasional pendidikan SD, dinyatakan di dalam Kurikulum Pendidikan Dasar yaitu memberi bekal kemampuan dasar membaca, menulis & berhitung, pengetahuan serta ketrampilan dasar yang berguna bagi siswa sesuai dgn tingkat perkembangannya, & mempersiapkan mereka utk mengikuti pendidikan di SLTP. Tujuan pendidikan Sekolah Dasar dapat diuraikan secara terperinci, seperti berikut :
Memberikan Bekal Kemampuan Membaca, Menulis, & Berhitung.
Memberikan Pengetahuan serta Ketrampilan Dasar yang berguna bagi siswa sesuai dengan tingkat perkembangannya.
Mempersiapkan Siswa utk Mengikuti Pendidikan di SLTP.
Sekolah Dasar Sebagai Pendidikan Dasar
Pengertian sekolah dasar bisa dikatakan sebagai kegiatan mendasari tiga aspek dasar, yaitu pengetahuan, sikap, serta keterampilan. Ketiga aspek ini merupakan dasar atau landasan pendidikan yg paling utama. Hal ini karna ketiga aspek itu ialah hal paling hakiki dalam kehidupan. Kami membutuhkan sikap-sikap hidup yg positif agar kehidupan kita lancar. Kami jg membutuhkan dasar-dasar pengetahuan agar setiap kali berinteraksi tdk ketinggalan informasi. Dan, yang gak kalah pentingnya merupakan keterampilan. Di sekolah dasar, kegiatan pembekalan diberikan selama enam tahun berturut-turut. Pada saat inilah anak didik dikondisikan untuk dapat bersikap sebaik-baiknya. Pengertian sekolah dasar sebagai basis pendidikan mesti benar-benar dpt dipahami oleh semua orang sehingga mereka dapat mengikuti pola pendidikannya. Tentunya, dlm hal ini, kegiatan pendidikan dan pembelajarannya mengedepankan landasan bagi kegiatan selanjutnya. Tanpa pendidikan dasar, tentunya tidak mudah bagi kami untuk memahami konsep-konsep baru pada tingkatan lebih tinggi.
Kata Kunci :
pendidikan sd,pendidikan di sd,artikel utk anak sd,artikel pendidikan SD,contoh artikel utk anak sd,landasan pendidikan anak usia sd,Latar belakang Sd,manfaat pendidikan keterampilan sd,memberikan pemahaman dalam pendidikan,artikel akademik sd.

Cinta Dan Persahabatan Modern Living Room

Tidak ada komentar:

Posting Komentar